Praktik Agribisnis Siswa TP Alhamdulillah Untung…


Alhamdulillah hasil dari praktik Agribisnis yang dilakukan oleh siswa siswa Program Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura semester ganjil sukses. Ya minimal bisa mengembalikan modal yang  dikeluarkan. Secara keseluruhan, meski pemeliharaan kurang optimal toh masih menyisakan untung lumayan setelah sebelumnya dipotong modal awal dan pemeliharaan.

Siswa kelas satu TP, yang melakukan panen kacang tanah pada saat liburan lalu misalnya, bisa menikmati hasil jerih payah praktek Agribisnisnya. Mereka  membawa pulang kacang tanah yang menjadi bagiannya ke rumahnya sehingga  bisa dinikmati semua keluarga. Tak hanya itu kelas juga mendapatkan bagi hasil berupa uang  yang cukup lumayan. Ya minimal menutup kas kelas yang kosong.

Sebelumnya para siswa TP  membentuk kelompok tani untuk mengelola lahan, dan hasilnya cukup lumayan buat menambah uang jajan mereka. Ada  yang membudidayakan Kubis, bawang daun, caisim, kangkung, jagung, kacang buncis dll. ”ya lumayan hasilnya,” ujar salah seorang anggota kelompok.

Ke depannya, semua praktek agribisnis yang dilakukan oleh siswa TP, menurut Kaprog Pertanian, Pendi Supendi, itu harus menguntungkan. ”Betul itu, sehinggga semuanya bisa merasakan hasilnya. Baik siswa, guru pembimbing, Bagian lapang, maupun sekolah, ya minimal bisa mengembalikan modal” ujarnya. Kalau  beberapa tahun ke depan program ini berjalan bagus, lanjutnya, maka biaya praktek anak bisa diminimalisir.

OK kita doakan semoga cita-cita itu bisa terealisasi.SMK Bisa![r]

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s