Saya Cerdas, Kita Cerdas!


Biasanya nih buat kita, yang namanya menghapal susah banget masuknya. Pun kalau ingat eh bentar-bentar lupa. Walhasil ketika ujian kelabakan karena ga ingat sama sekali apa yang kita apalin semalam. Itu pun jika  kita ngapa semalam. Biasanya kan SKS (Sistem Kebut Sejam)

Kita itu kebanyakan SIGL, susah ingat gampang lupa. Benar kan Bro? Menurut Pak Agus SM (kata beliau SM singkatan Sangat Manis), dari Amazing Brain, ungkapan SIGL itu harus dibalik menjadi GISL alias Gampang Ingat Susah Lupa. ”Karena itu metode menghapal kita harus dirubah,” katanya. Menghapal yang biasanya menggunakan otak kiri, maka sekarang, lanjutnya, dirubah dengan menggunakan otak kanan.

Sebab itu pula ia bersama teman-temannya dari Amazing Brain, mengajarkan teknik melejitkan konsentrasi dan daya ingat dengan menggunakan otak kanan.  Motonya sangat optimis, yakni ”Selamat Datang Generasi Cerdas Indonesia, Saya Cerdas, Anda Cerdas, Indonesia Cerdas!”

Pak Agus mengatakan bahwa latihan memegang peranan penting dalam mengembangkan potensi yang dimiliki manusia seperti latihan otot, otak, panca indra , bakat dan lainnya. Ambil contoh Ade Rai, ia memiliki otot yang luar biasa karena latihan. Jika otak juga terus dilatih, maka hasilnya pasti mengagumkan. Karena itu teruslah kita latih otak kita. Salah satunya nih melatih konsentrasi.

”Nah masalah yang dihadapi kebanyakan siswa sekarang adalah konsentrasi yang pecah. Padahal otak adalah motor penggerak semua aktivitas manusia,” jelas Pak Agus.

Yang mengganggu konsentrasi siswa  di antaranya adah HP canggih, TV, warnet, Game dll.

Terkait otak sendiri itu ada dua bagian, yaitu otak kiri dan otak kanan. Hasil dari kerja otak kiri  adalah rasional, reaslistis, kuantitatif, terencana verbal, motorik kanan, segmental dan short term memory. Sementara hasil kerja otak kanan  adalah emosional, imajinatif, kualitatif, spontal, visual, motorik kiri, holistik dan long term memory.

Selama ini orang menghapal menggunakan otak kiri, hasilnya emang kadang susah ingat gampang lupa. Itu wajar karena  penggunan otak kiri itu short term memory. Namun  jika otak kanan yang digunakan dalam menghapal hasilnya bakal lebih hebat dan luar biasa, itu wajar karena emang kerja otak kanan itu long ter memory. Karena itu prinsif kita bagaimana menghapal dengan otak kanan. Caranya ya latih otak kanan kita.

Salah satu cara melatih otak kanan adalah dengan Oto sugesti. mengingat dan mengungkapkan kata-kata yang positif dan optimis, seperti motto : saya cerdas, kita cerdas, Indonesia cerdas. Jadi Bro, jangan punya pikiran  teu bisa, malas, pusing, dll.

Latihan lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan brain gym (Senam otak). Jika itu dilakukan maka hasilnya luar biasa. Ya seperti Pak Eli itu yang bisa menghapal angka sejumlah seratus dalam waktu yang sangat singkat. ”Itu dilakukan dengan mengkhayal apa yang mau kita hapal,” ungkap Pak Eli.  Jadi mengkhapal dengan menghayal hasilnya emang Ajib pisan euy.

Nah kalo Pak Eli bisa , Kenapa kita tidak bisa!?? Insya Allah kita bisa, asal tidak malas!! [red]

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s