H.TANTO QUSTANTOWI M.Pd: SIAP DITEMPATKAN DI MANA SAJA


Berita duka kini menghampiri seluruh warga SMK N 1 Maja. Kepala Sekolah, H Tanto Qustantowi yang amat kita sayangi akan meninggalkan kita. Beliau kini ditugaskan untuk memimpin SMK Negeri Panyingkiran. Sungguh berita yang sangat mengejutkan. Beliau adalah sosok pemimpin yang hampir sempurna. Tentu berat bagi kita untuk melepaskannya. Beruntung kami tim redaksi berkesempatan untuk bisa berbincang dengan beliau di hari-hari terakhirnya di SMK Negeri Maja. Berikut interviewnya, cekidooot…

Upaya apa saja yang telah Bapak lakukan untuk memajukan SMK Negeri 1 Maja ini?

Bapak pertama masuk di SMK ini pada tanggal 23 Februari 2009. Banyak hal yang telah dilakukan di Sekolah ini antara lain pembangunan Pintu gerbang dan gada-gada, tempat parkir, Lapangan upacara / olahraga, ruang kelas sebanyak 16 ruangan, RPS (Ruang Praktek Siswa)/ ATPH, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Komputer 5 ruang, kolam 1 buah, peralatan seluruh lab Fiskim, TAV, ATPH, kandang Sapi

Jumlah siswa awal Bapak masuk hanya 300, namun sekarang 902 siswa. Sejumlah beasiswa berhasil diselenggarakan di antaranya beasiswa prestasi 1-10 UN SMP, beasiswa ATPH, beasiswa BKM (Bantuan Khusus Murid), beasiswa ERBOS, dan banyak kejuaraan-kejuaraan yang diraih oleh siswa

Hambatan apa saja yang Bapak hadapi saat menjabat di SMK ini?

Hambatan dari siswa adalah masih banyak siswa yang malas belajar, sehingga habis evaluasi tidak cepat menyelesaikan nilai yang kurang.  Sementara kendala dari guru adalah  masih ada guru yang malas masuk atau guru yang seharusnya belajar tiga jam malah dua jam. kedua hal itu menjadi hambatan selama Bapak menjabat di SMK ini.

 

Kan Bapak dipindahkan ke SMK N Panyingkiran, nah apa ada alasan tertentu mengapa Bapak dipindahkan?

Sebelumnya Bapak tidak tahu akan dipindahkan. Bapak diberi tahu dua jam sebelum pelantikan dan di telepon oleh dinas, kemudian bicara dan Bapak diminta untuk memperbaiki sekolah lain dengan alasan dari sarana ketertiban sudah lengkap dan baik. Bapak juga sebagai PNS siap di tempatkan dimana saja. di NTT, SMK PUI Cikijing, SMK Lemahsugih dan sekarang di SMK N 1 MAJA.

Kesan-kesan Bapak selama menjabat di SMK N 1 Maja ini?

Perasaan saat Bapak masuk di SMK ini sarana sangat kurang. Proses belajar mengajar sangat kurang, administrasi sangat kurang. Tapi sekarang semuanya telah tertata dengan baik. Dan setelah semuanya tertata dengan baik, tinggal kepada kepala sekolah yang akan datang meningkatkan lagi. Untuk visi bisa lebih dikuatkan agamisnya.

Pesan Bapak untuk seluruh warga SMK N 1 Maja ini?

Pesannya, sebagai siswa belajarlah dengan baik karena fasilitas sudah baik dan manfaatkan fasilitas ini untuk belajar. Jangan segan menyampaikan keluhan kepada guru dan kaprog jika ada yang kurang.

Kita juga mempunyai BKK (Bursa Kerja Khusus) yang mengelola tentang lulusan siswa mau kuliah atau kerja. Sekolah memfasilitasi sampai bekerja di suatu tempat.

 

Demikian  wwancara redaksi dengan Ha Tanto. Sungguh keberuntungan tim redaksi bisa berkesempatan berbincang untuk yang terakhir kalinya dengan H. Tanto Qustantowi M.Pd. Kami semua warga SMK N 1 Maja tidak akan melupakan semua jasa Beliu dan mudah-mudahan Beliau selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin.. We always remember you, Sir. (Siti Nuri, Wia, Lina, Virna, Tuti)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s