UN Hari Pertama, Soal dan LJUN berbeda!


un smk1

Mulai Hari ini, Senin 15 April 2013, semua siswa kelas tiga SLTA menempuh Ujian Nasional, termasuk siswa SMK Negeri 1 Maja. Untuk hari pertama ini yang diujikan adalah bahasa Indonesia dengan paket soal mengikuti jumlah siswa dalam ruangan dan setiap soal memiliki kode masing-masing dengan menggunakan sistem barcode. Jika jumlah siswa dua puluh orang di ruangan tersebut maka paket soalnya dua puluh. Dengan sistem ini tentu saja anak harus bekerja sendiri dan tidak mungkin untuk menyamakan jawaban dengan teman di sebelahnya.

Ujian Nasional dimulai jam 7. 30, dan anak masuk ke ruangan jam 7.10. Dengan sistem UN seperti sekarang ini , panitia, pengawas dan para peserta harus lebih hati-hati lagi. Sebab bila keliru akibatnya fatal. contohnya saja, beberapa soal yang diterima siswa ternyata, ditemukan soal dan lembar jawaban yang berbeda. Soalnya bahasa Indonesia, sementara lembar jawaban bahasa inggris dengan barcode yang berbeda. Di semua ruangan kasus ini terjadi, bahkan kasus ini baru ketahuan di beberapa anak 45 menit  menjelang selesai.

Kejadian ini tentu akan sangat merugikan anak didik. Karena itu semua pihak yang berkepentingan betul-betul  harus teliti dalam pelaksanaan UN ini. Para pengawas juga hendaknya betul-betul memberikan pengarahan dari awal  agar para siswa betul-betul memeriksa soal dan LJUN, sebelum mereka mengerjakan soal. Moga saja berikutnya kejadian seperti ini tidak terulang.

OK untuk teman-teman kelasa tiga semoga ujiannya sukses dan ada dalam kelancaran. (sk)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s